Selasa, 08 Mei 2012

FBI Ingin Sadap Jejaring Sosial


FBI agent
FBI agent

Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang sekitar pengaturan privasi facebook. Kali ini saya akan bahas tentang info terbaru pemerintah terhadap facebook.

Dikutip dari kompas.com Biro keamanan AS, FBI saat ini tengah mendekati perusahaan-perusahaan besar internet seperti yahoo, google.

Seperti dilansir Cnet, pendekatan ini dilakukan agar yahoo dan google menerima proposal yang akan mewajibkan perusahaan internet tersebut memasukkan "backdoor" untuk memudahkan FBI memasuki produknya sebagai bagian dari program pengawasan pemerintah. 

Jika proposal ini disetujui maka setiap gerak-gerik di beberapa aplikasi yahoo dan google seperti Yahoo Mail, Yahoo Messenger (YM), Google Talk, Gmail dll. Dapat diawasi FBI.

FBI juga diam-diam telah bertemu dengan perwakilan dari perusahaan lainnya seperti Microsoft dengan produknya Hotmail dan Skype, dan juga perwakilan perusahaan internet Facebook, termasuk juga Twitter.

Sebelumnya sudah ada undang-undang di AS yang mewajibkan perusahaan telekomunikasi untuk membuat sistem mereka siap disadap pemerintah, undang-undang ini dibuat karena keluhan pemerintah terhadap tren komunikasi yang beralih dari telepon tradisional ke komunikasi di internet.

Namun perusahaan web seperti Facebook, Google, dan Microsoft tak diatur dalam undang-undang tersebut, langkah FBI ini sepertinya akan memaksa pemerintah untuk merevisi undang-undang yang ada sehingga mereka bisa secara legal menyadap apa yang sedang diperbincangkan di Facebook, YM, Skype, dan layanan-layanan e-mail.

FBI menjanjikan tidak akan mengintip data pribadi. Seperti yang dijelaskan agen Ann Todd bahwa "Kami memastikan hanya mengamati aplikasi open source dan data publik (non-private) yang tersedia secara terbuka di internet. Aplikasi tidak akan fokus kepada orang tertentu atau grup yang terlindungi, tetapi kepada kata-kata tertentu, untuk mendeteksi aktivitas yang menimbulkan tindakan kriminal dan mengancam keamanan nasional. Contoh kata-katanya bisa termasuk kata "bom", "paket", "kokain", "menembak", dan kata lain yang berkorelasi.


Semoga info tentang FBI ingin sadap jejaring sosial ini dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar